Jumat, 08 Oktober 2010

Tahukah Anda Kualitas Roti Yang Baik ?????

selama ini mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita seperti apa kualitas roti yang baik dari segi fisik maupun kandungan gizi yang terkandung dalam sepotong roti. kita juga harus mempertimbangkan tingkart keamanan roti yang kita konsumsi dilihat dari segi kesehatan. roti mempunyai kandungan gizi yang tidak diragukan lagi khasiatnya, yang diperoleh dari karbohidrat, gula, protein, lemak, vitamin, dan ,masih banyak lagizat-zat gizi yang terkandung dalam roti yang di buat dari bahan-bahan yang berkualitas tinggi mulai bahan baku yaitu tepung terigu  juga telur,susu, mentega sebagai bahan tambahannya dan didukung juga proses pembuatannyayang higenis.
secara visual kita dapat mengetahui kualitas roti yang baik :
1. warna kulit dari sebagian besar roti adalah coklat keemasan, hal ini menunjukkan tingkat kematangan roti dalam proses pemanggangan yang tepat.
2. daging roti berwarna putih bersih untuk roti tawar dan putih kekuningan untuk roti manis, hal ini di pengaruhi oleh kuning telur yang ditambahkan dalam pembuatan roti manis, serat, daging lembut danmempunyai bentuk serat yang panjang.
3. tekstur daging roti lembut dan mempunyai elastisitas yang cukup, untuk roti tawar ketika kita tekan ringan dengan ujung jari menunjukkan kelembutan dan kesetabilan yang baik. daging roti juga harus bersih dari benda-benda asing, juga mempunyai kelembaban dan kesegaran yang baik.
4. cita rasa, bau dan aroma merupakan hal penting dalam kualitas roti, aroma dihasilkan dari fermentasi gula yang terkandung dalam roti. bahan penambah cita rasa seperti garam, susu, bahan pengaembang roti dan lemak hasil proses fermentasi. lemak merupakan penghantar cita rasa ketika kita menikmati sepotong roti.